Trik Mengubah Prospek Menjadi Konsumen

Di zaman digital seperti ini, raih dan menarik perhatian costumer jadi hal yang lumayan menantang bagi merk akibat semakin terbuka dan ramainya kompetisi.

Jika Anda baru saja memasuki skena digital marketing, barangkali akan susah bagi Anda untuk beroleh bayangan darimana Anda harus mengawali upaya untuk beroleh perhatian dari calon costumer di sedang ramainya kompetisi di ranah digital.

Padahal, prinsip dasar dari marketing memang tetaplah sama, baik terhadap ranah online maupun offline.

Salah satu tipe marketing klasik yang sanggup jadi semacam arahan bagi Anda untuk menggerakkan langkah digital marketing dan menarik perhatian calon costumer adalah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

Pada artikel kali ini, kami akan menghadirkan Info umum perihal rancangan AIDA dan penerapannya di dalam langkah digital marketing untuk membantu Anda beroleh gambaran bagaimana sebaiknya merancang langkah digital marketing yang menyeluruh.

Apa itu AIDA?

AIDA adalah suatu tipe marketing yang mengidentifikasi step yang dilalui individu di dalam membeli produk atau jasa. Konsep marketing ini diterapkan untuk menuntun calon costumer di dalam menekuni costumer journey-nya.

Penamaan AIDA sendiri merupakan kependekan dari empat step atau funnel pembentuknya yaitu Awareness, Interest, Desire, dan Action. Penjelasan dari tiap-tiap tahapnya sebagai berikut:

Awareness: Meningkatkan merk awareness dan memantik perhatian dari calon konsumen.

Interest: Membuat calon costumer jadi tertarik terhadap produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan iklan jakarta.

Desire: Melakukan upaya persuasif untuk membangkitkan minat dari calon costumer untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Action: Merancang sistem pembelian yang ringan untuk membantu beroleh konversi dari konsumen.

Bagaimana Cara Menerapkan Konsep AIDA?

Konsep AIDA sanggup diterapkan sebagai tipe komunikasi merk Anda di dalam menuntun prospek yang di awalnya tidak mengenal merk Anda serupa sekali jadi costumer Anda.

Setiap step costumer journey sudah pasti memerlukan digital marketing campaign yang berbeda.

Dengan menerapkan tipe AIDA, Anda sanggup lebih ringan untuk mengidentifikasi Info seperti apa yang harus Anda sampaikan dan platform apa saja yang harus Anda mengfungsikan di tiap-tiap tahapnya.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk memandu Anda merancang campaign di tiap-tiap step atau funnel marketing Anda:

Awareness

Apa yang sanggup dilakukan untuk memicu audience memahami keberadaan merk Anda?

Platform atau sarana apa saja yang biasa digunakan oleh target audience Anda?

Strategi outreach seperti apa yang paling cocok diterapkan oleh merk Anda?

Interest

Apa memang yang diminati oleh target audience Anda?

Strategi konten seperti apa yang sanggup digunakan untuk menarik perhatian target audience?

Social proof apa saja yang sanggup Anda perlihatkan kepada target audience sebagai bukti reputasi dan mutu produk atau layanan Anda?

Desire

Apa yang memang memicu produk atau layanan Anda jadi diminati?

Bagaimana langkah calon costumer terhubung dengan Anda (online chat, email, DM)?

Action

CTA (call to action) seperti apa yang harus Anda membuat dan dimana peletakannya yang paling memudahkan calon konsumen?

Apakah calon costumer sudah lumayan ringan untuk sanggup menghubungi Anda atau lakukan pembelian?

Contoh Penerapan AIDA di dalam Strategi Digital Marketing

Berikut beberapa taktik yang sanggup Anda mengfungsikan di dalam menerapkan rancangan AIDA di dalam langkah digital marketing Anda:

Awareness

Tahap pertama di dalam penerapan AIDA adalah memperkenalkan merk Anda kepada target audience.

Online presence yang kuat saat ini jadi hal yang penting untuk dimiliki bagi tiap-tiap merk sebab biasanya orang akan mengawali buying journey mereka melalui internet.

Sebagai contoh, orang yang berkeinginan untuk mendekor rumah akan mencari ide dekorasi rumah melalui sarana sosial atau dengan lakukan pencarian di Google.

Maka akan terlampau beruntung kecuali merk Anda datang terhadap feed sarana sosial atau terhadap halaman pertama hasil pencarian di Google.

Untuk raih hal itu, Anda sanggup menggerakkan langkah SEO sehingga web Anda sanggup nampak di halaman pertama hasil pencarian Google.

Pastikan termasuk Anda melampirkan Info perlu bisnis Anda terhadap web seperti alamat, no telepon, jam buka, dan ulasan dari produk atau layanan yang ditawarkan.

Cara lain untuk mempercepat upaya tingkatkan merk awareness bisnis Anda adalah dengan menggerakkan paid ads campaign baik search ads maupun paid social. Cara ini sanggup membantu Anda untuk raih audience yang lebih luas dengan saat yang lebih singkat.

Interest

Setelah audience mengenal merk Anda, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menarik perhatian mereka. Hal ini sanggup dilakukan dengan menyajikan Info yang berfungsi atau menarik bagi target audience Anda.

Oleh sebab itu, memahami apa yang memang dibutuhkan oleh calon costumer Anda jadi terlampau krusial.

Sajikan konten-konten berfungsi di dalam bentuk e-book, webinar, atau artikel blog yang sanggup menjawab pertanyaan atau ada problem dari target audience Anda.

Desire

Berhasil melalui step kedua artinya Anda sudah sukses di dalam beroleh perhatian dari target audience Anda.

Maka di step ketiga ini saatnya untuk memicu calon costumer tertarik dengan tawaran produk atau layanan dari merk Anda.

Salah satu langkah terbaik untuk memelihara ketertarikan dari target audience Anda adalah dengan menggerakkan e mail marketing dan mengirimkan mereka konten-konten yang relevan dengan minat mereka melalui email.

Anda termasuk sanggup mengfungsikan sarana sosial sebagai layanan untuk perlihatkan produk atau layanan bisnis Anda dengan langkah yang menarik.

Misalnya saja dengan memicu postingan UGC yang menampilkan pengalaman orang-orang di dalam mengfungsikan produk atau layanan Anda.

Selain itu, Anda termasuk sanggup melampirkan review, belajar persoalan (case studies), atau testimoni berkenaan produk dan layanan Anda di web untuk memastikan calon costumer untuk membeli produk atau mengfungsikan layanan Anda.

Action

Tahap paling akhir yang harus Anda lakukan adalah mempermudah calon costumer di dalam lakukan pembelian produk Anda.

Pastikan CTA (call to action) yang Anda melampirkan dan sistem checkout di dalam pembelian lumayan memahami dan ringan dipahami.

Akan terlampau baik termasuk kecuali Anda sanggup menghadirkan beberapa pilihan pembayaran sehingga costumer sanggup mengfungsikan metode pembayaran cocok preferensi mereka.

Menambahkan fitur online chat terhadap web termasuk merupakan langkah yang baik untuk membantu memandu calon costumer yang ada problem di dalam lakukan pembelian.

Konklusi

Menerapkan rancangan AIDA di dalam langkah digital marketing tawarkan peluang bagi Anda untuk raih calon costumer dengan lebih efektif.

Teknik yang digunakan di dalam digital marketing tentu tidak serupa dengan yang sebagaimana dilakukan terhadap langkah marketing tradisional, Namun rancangan dasar yang berlakuk tetaplah sama.

By admin