Menurut para ahli tingkatan brand awareness terbagi jadi 4 tingkat. Oleh dikarenakan itu, coba perhatikan piramida di bawah ini!

Tabel piramida branding agency Jakarta di atas menggambarkan tingkat pemahaman tujuan audience untuk mengenali, mengingat, dan mengidentifikasikan sebuah brand dagang. Jadi, bagaimana kita dapat tingkatkan kesadaran brand mulai dari tingkat nomor awareness ke tingkat top of mind.

Simak penjelasan singkat tersebut mengenai tiap-tiap tingkat untuk memudahkan pemahaman.

1. Ketidaksadaran Merek (Unaware Brand)

Tingkatan brand awareness paling mendasar yang menggambarkan tabiat tujuan audience yang tetap tidak atau belum menyadari adanya suatu merek. Berbagai faktor dapat menjadikan mereka pada tingkat ini. Misalnya, belum terdampak promosi atau minim akses dan pengetahuan.

2. Pengakuan Merek (Brand Recognition)

Tingkat ini dapat dikatakan jadi tingkat pertama kesadaran merek, di mana tujuan audience sudah menyadari dan mengakui adanya suatu merek, namun mereka tetap butuh pertolongan didalam mengingatnya. Misalnya, lewat penanda visual seperti logo, warna, atau kemasan.

StickFriends boleh mulai sedikit senang jikalau brand sudah mencapai bagian ini. Karena setidaknya brand kalian sudah mencapai garis start, di mana pintu gerbang terbuka lebar mengarah ke tujuan iklan yang sesungguhnya, yakni pembelian.

3. Mengingat Kembali Merek (Brand Recall)

Setelah melampaui tingkat dasar, kesadaran brand tujuan audience berada di bagian mengingat ulang suatu merek. Mereka sudah dapat mengingat ulang suatu brand tanpa pertolongan clue sedikitpun dan menjadikannya sebagai topik percakapan harian.

4. Pikiran Utama (Top of Mind)

Tingkatan brand awareness paling utama adalah menjadikan suatu brand otomatis keluar didalam benak tujuan audience. Sehingga, brand tersebut mendominasi pikiran mereka dan mengesampingkan brand lainnya.

Dalam konteks ini, kesadaran top of mind seringkali mencakup fasilitas atau produk yang paling disukai dan paling sering digunakan. Jadi, StickFriends harus mencapai tingkat ini untuk tingkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

By admin