Biasa kerja kantoran tetapi sekarang mesti kerja berasal dari rumah dengan sebutan lain work from home (WFH) akibat COVID-19? Anda tak sendirian. Untuk yang sudah biasa bisa saja ini bukan masalah. Namun, untuk pekerja kantoran, kerja berasal dari rumah bisa menantang.

Seminggu pertama bisa saja belum terasa. Namun selebihnya, semangat dan mood turun, tidak fokus dalam selesaikan pekerjaan, bahkan malah jadi malas-malasan.

Setelah menyalakan laptop dan cek to-do list, Anda bersama mudahnya teralihkan bersama hal-hal sepele.

Ujung-ujungnya, pekerjaan jadi tak selesai-selesai, bahkan tetap berlanjut hingga larut malam. Kalau sudah begini, apa yang mesti dilakukan?

WFH Perlu Mood Booster Lebih Banyak

Kepada KlikDokter, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa metode WFH memang tidak cocok untuk seluruh orang.

Ada yang selalu bisa memelihara produktivitasnya selagi kerja berasal dari rumah seperti halnya selagi kerja di kantor (atau bahkan lebih produktif!). Di segi lain, banyak yang susah untuk bisa fokus atau menjaga produktivitas, bahkan berdampak pada kesehatan mental.

“Dengan WFH, kami jadi tidak cukup bersosialisasi bersama orang lain. Di awal bisa saja masih nyaman—masih bisa video call dan sebagainya. Tapi lama-lama, timbul rasa bosan dan perasaan seperti tertekan. Kondisi mental malah jadi nggak oke membuat kerja,” kata dr. Devia.

Kalau tak pandai-pandai menyesuaikan mood atau jalankan hal-hal yang bisa membangkitkan atau melakukan perbaikan suasana hati, mutu pekerjaan kacau balau atau tidak selesai cocok selagi yang ditentukan konten writer.

Lakukan Aktivitas Ini Sebelum Mulai WFH

Berdasarkan penjelasan di atas tadi, untuk itulah Anda mesti pembangkit semangat misalnya jadi jadi kesulitan atau tidak fokus kerja berasal dari rumah. Bagaimana caranya?

Ada lebih dari satu aktivitas yang dianjurkan untuk ditunaikan sebelum mengawali rutinitas kerja berasal dari rumah. Tujuannya adalah agar Anda bisa selesaikan pekerjaan bersama lancar dan cepat selesai.

Isi “Bahan Bakar” Dulu

Bahan bakar yang dimaksud adalah minuman. Sebelum jadi bekerja, cukupilah kebutuhan cairan tubuh, khususnya bersama air putih. Menghidrasi tubuh terhitung ampuh untuk menguatkan konsentrasi dan energi ingat disini.

Bagaimana bersama kopi? Minuman ini sebaiknya diminum di sela-sela bekerja, bukan segera di awal aktivitas demi memelihara kestabilan mood.

Supaya lebih segar, Anda terhitung bisa memasukkan irisan buah, seperti lemon atau stroberi, ke air putih yang akan diminum (infused water).

Buat Jurnal Harian

Anda terhitung bisa buat persiapan jurnal, yang diisi bersama hal-hal yang mesti Anda jalankan tiap-tiap harinya, mencatat pencapaian, atau menulis hal-hal memorable yang terjadi pada hari itu seperti isi diary.

Bagi lebih dari satu orang, kerja berasal dari rumah memang bisa rentan membuat cemas. Jadi, lakukanlah hal-hal yang bisa menenangkan dan sekaligus mempertajam asumsi bersama menulis jurnal.

Tentukan Prioritas

Kerja berasal dari rumah pada masa pandemi ini bukan bermakna aktivitas sehari-hari cuma bekerja cocok mandat atasan. Tak jarang, banyak perihal yang mesti diurus.

Misalnya membeli kebutuhan sehari-hari, bersih-bersih rumah, selalu berkomunikasi bersama rekan atau keluarga, memasak, atau mengurus suami dan/atau anak.

Untuk menunjang agar kerja selalu optimal, Anda bisa menuliskan di sticky notes perihal apa saja yang mesti ditunaikan cocok prioritas.

Kalau memang sedang dikejar deadline, tunda dulu bersih-bersih atau mencoba resep baru yang rumit untuk menu makan di hari tersebut.

Kerjakan satu persatu, jangan memaksakan seluruh bisa ditunaikan di hari yang sama. Beri tubuh dan asumsi jeda dan istirahat.

Selalu Bersyukur

Setiap rasa malas bekerja muncul, ingatlah bahwa Anda masih lebih beruntung. Akibat aturan pembatasan sosial skala besar (PSBB), banyak orang yang kehilangan pekerjaannya atau tak bisa melanjutkan usahanya, agar tak miliki penghasilan.

Tetap Bergerak, Ya!

Bila kebanyakan alasan Anda malas berolahraga adalah sebab mesti ngantor tiap-tiap hari, nah, sekarang alasan selanjutnya tak lagi valid!

Sempatkan selagi berolahraga, paling tidak 30 menit tiap-tiap harinya. Pilihan olahraganya bisa bersifat joging keliling kompleks (dengan selalu mematuhi aturan physical distancing, ya!), senam lewat video tutorial, yoga, lompat tali, menari, atau aktivitas fisik lainnya yang mudah dan bisa Anda lakukan.

Olahraga bisa mendongkrak suasana hati, agar Anda jadi lebih bersemangat untuk kerja berasal dari rumah.

Setelah olahraga, jangan lupa mandi, ya! Tak enak, kan, bekerja bersama suasana kulit yang lengket sebab keringat?

By admin